Memasuki Akhir Tahun, Capaian Program PTSL di Grobogan Masih Rendah


 


 

Memasuki Akhir Tahun, Capaian Program PTSL di Grobogan Masih Rendah

Minggu, 15 Oktober 2023

GROBOG JATENG, Grobogan - Dalam rangka mempercepat proses pendaftaran sertifikat tanah, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan program prioritas nasional berupa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL ini juga menjadi salah satu program unggulan dari Presiden Joko Widodo agar setiap masyarakat memiliki kepastian hukum atas tanah yang dimiliki, sehingga dapat terhindar dari sengketa atau konflik pertanahan.

Namun demikian, capaian program PTSL di Kabupaten Grobogan pada tahun 2023 ini cenderung masih rendah, meskipun hampir memasuki akhir tahun.

Kepala BPN Grobogan Siti Aisyah mengatakan, target penerbitan sertifikasi tanah pada tahun 2023 di Kabupaten Grobogan sebanyak 27.011 sertifikat.

Ia mengungkapkan bahwa hingga awal Oktober ini, capaian dari target tersebut baru mencapai 7.313 sertifikat tanah.

Saat ditanya terkait penyebab rendahnya capaian program PTSL, Siti menyebut banyak kendala di lapangan. Namun, Siti tidak merinci apa saja kendala yang dihadapi.

"Hingga awal Oktober 2023 ini sudah 7.313 sertifikat," katanya, Minggu (15/10/2023).

Siti menambahkan selain penerbitan sertifikat, BPN juga melakukan pengukuran luas peta bidang tanah sebagai bagian dari program PTSL.

Adapun pengukuran peta bidang tanah tersebut dilakukan pada 12 desa di Grobogan. Ia mengaku akan terus mengakselerasi pelaksanaan program PTSL hingga seluruhnya tuntas.

"Kita tinggal punya waktu 2-3 bulan untuk menyelesaikan program PTSL ini. BPN akan terus menggenjotnya," akunya. (Pandu/AN/Red).