Gereja Kristen Indonesia (GKI) Purwodadi Menerima Kunjungan Mahasiswa KKN MB IAIN Kudus


 


 

Gereja Kristen Indonesia (GKI) Purwodadi Menerima Kunjungan Mahasiswa KKN MB IAIN Kudus

Rabu, 18 September 2024

GROBOG JATENG, Grobogan Program Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN MB), mahasiswa IAIN Kudus mengunjungi Gereja Kristen Indonesia (GKI) dalam upaya untuk meningkatkan moderasi beragama. Bertempat di GKI Purwodadi, pada Minggu (15/9/2024).

 Kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk memperkuat perdamaian antar iman, yang di implementasikan dengan dialog antar umat beragama yang melibatkan umat muslim, Kristen Protestan serta umat Katolik dan membangun pemahaman serta toleransi yang lebih baik di masyarakat.

Rissalatul Maulida selaku Ketua KKN Mahasiswa IAIN Kudus mengungkapkan, pentingnya toleransi dan kerjasama antar umat beragama dalam membangun masyarakat yang harmonis, Dalam kesempatan tersebut peserta KKN melakukan pengamatan terhadap rangkaian ibadah yang berlangsung, mulai dari pembukaan, nyanyian pujian, doa, hingga khotbah yang disampaikan oleh pendeta . 

"Kami live in peribadatan di Gereja adalah terkait dengan moderasi beragam yang mana nanti kedepannya dengan kita bermoderat bisa menjalin hubungan yang harmonis, menjalin silaturahmi antar umat beragama, " ujarnya. 

Di jelaskan pula didalam Gereja terdapat simbol-simbol warna yakni warna ungu artinya penantian, warna putih itu artinya kudus (suci), warna hijau artinya kehidupan, warna merah itu tandanya pernikahan (suka cita, kegembiraan), ada juga  warna hitam sebagai simbol kematian Yesus pada hari jumat Agung. 

Bunda Rita selaku Pendeta GKI Purwodadi, mengungkapkan, selama kurang lebih 54 tahun toleransi di lingkungan GKI Purwodadi terjalin dengan baik. 

"Sepanjang saya di Purwodadi itu penerimaan masyarakat sangat baik, lebih-lebih masyarakat kampung sini, kami disini itu kurang lebih 54 tahun, masyarakat sini itu ketika ulang tahun Gereja, kami mengadakan seperti jalan sehat ada dorpres itu yang lebih banyak dapat itu orang kampung sini. Pas Idul Fitri itu saya muter keliling kampung menyalami masyarakat sini, jadi masyarakat disini itu semua welcome,"Terang Bunda Rita (pendeta GKI). 

Di akhir kunjungan,Di tutup dengan sesi dokumentasi oleh mahasiswa KKN MB dan ucapan terima kasih kepada Bunda Rita selaku Pendeta  GKi serta seluruh panitia dan jemaat atas sambutan hangatnya. Mereka juga berharap dapat membawa wawasan baru ini ke dalam program KKN yang tengah mereka jalani, terutama dalam mendorong pemahaman dan moderasi beragama di lingkungan masyarakat Purwodadi.(Id/AN/Red).