Melalui Seni Wayang Orang, Pemkab Grobogan Ajak Berantas Rokok Ilegal


 


 

Melalui Seni Wayang Orang, Pemkab Grobogan Ajak Berantas Rokok Ilegal

Kamis, 24 Oktober 2024

GROBOG JATENG, Grobogan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan melalui Diskominfo Grobogan menggelar  Sosialisasi Ketentuan Dibidang Cukai Tembakau (DBHCHT), dengan menggelar pagelaran seni  wayang orang oleh Forum Komunikasi (FK) kabupaten setempat, kegiatan tersebut diselenggarakan di Halaman Setda Kabupaten Grobogan, pada Rabu (23/10/2024) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Grobogan, Bea Cukai Semarang Alfinda Novi Sahara dan Siti Chomariyah Trinindyani, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten Sekda, dan segenap jajaran Eksekutif Kabupaten Grobogan, pengurus dan anggota FK.Metra Kabupaten Grobogan. 

Dalam kegiatan tersebut, Pagelaran Wayang Orang oleh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK.Metra) Kabupaten Grobogan  digelar dengan   lakon   “ TEKAD KANG SINERAT”. Cerita ini dalam rangka menyongsong  Hari Sumpah Pemuda ke 96 Tahun 2024 yaitu menggambarkan tentang peran para pemuda dalam menjaga keutuhan wilayah negaranya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Groogan Mudzakir Walad mengatakan,  pagelaran ini bertujuan untuk menambah wawasandan pengetahuan masyarakat Grobogan sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran terhadap cukai tembakau. 

“Dengan adanya sosialisasi melalui pagelaran ini diharapkan pesan tentang bahaya rokok ilegal, dapat tersampaikan secara efektif dan menarik, sehingga masyarakat ikut serta dalam membantu mengoptimalkan penerimaan Negara disektor cukai tembakau.” Ujarnya.
Bupati Grobogan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Grobogan, Heru Dwi Cahyono,  turut mengapresiasi atas terselenggaranya pertunjukan wayang orang di Kabupaten Grobogan.

“Media tradisional sebagai salah satu cara penyebaran informasi kepada masyarakat, melalui pagelaran seni budaya seperti ini, tidak hanya menghibur tetapi juga menjadi wadah untuk melestarikan warisan budaya bangsa.” Ucapnya. 

Dalam kesempatan ini, Heru mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam memberantas peredaran rokok ilegal sehingga menciptakan lingkungan yang sehat dan melindungi generasi muda dari bahaya rokok ilegal. (Ida/AN/Red).